Kebiasaan warga Pulau Seribu ( warga pulau Pari )sampai sekarang masih jarang diketahui oleh pengunjung yang hampir setiap hari ditemui. Banyak wisatawan Kepulauan Seribu berdatangan walaupun pada hari-hari kerja hanya demi menikmati suasana alam.

Wilayah Kepulauan Seribu termasuk dalam destinasi yang wajib dikunjungi oleh masyarakat luas Indonesia. Mengingat letaknya di sisi utara DKI Jakarta, wisatawan tidak perlu kesulitan saat ingin mendatangi Kepulauan Seribu.

Setiap pengunjung berhak menikmati keindahan alam di Kepulauan Seribu menjamin liburan berjalan memuaskan. Kepuasan berkunjung ke Pulau Seribu membuat wisatawan yang pernah liburan ingin datang kembali untuk menikmati keindahan destinasi.

Kepulauan Seribu mempunyai beberapa pulau kecil yang indah kerap disebut sebagai surga dunia. Di Indonesia sendiri, Kepulauan Seribu kerap dianggap sebagai Bali versi KW karena memiliki wisata menarik untuk didatangi.

Namun apakah Anda tahu bahwa setiap mengunjungi Wisata Pulau Seribu selalu ada warga lokal yang mempunyai kebiasaan unik. Walaupun daerahnya kecil dan terpencil, malah membuat kegiatan warga selalu menarik untuk diketahui.

Sebab liburan tidak hanya bertujuan membuat beban hidup terlupakan, tetapi juga melihat aktivitas warga daerah yang dikunjungi. Mengingat setiap daerah destinasi wisata selalu memiliki keunikan tersendiri menjadi sebuah keunggulan nantinya.

Apabila Anda ingin berkunjung di Kepulauan Seribu, ketahuilah beberapa aktivitas warga yang unik dan berbeda-beda. Berikut kami jelaskan lengkap jenis-jenis kegiatan masyarakat lokal Pulau Seribu guna memudahkan pengunjung menikmati liburan.

Jenis-Jenis Kebiasaan Warga Pulau Seribu

nelayan pulauu seribuPara pengunjung di daerah Kepulauan Seribu bisa melihat dan mengetahui cara langsung beberapa aktivitas warga lokal. Agar tidak penasaran dengan kebiasaan masyarakat Kepulauan Seribu, langsung saja ketahui jenis-jenisnya mulai sekarang.

Bekerja Sebagai Nelayan

Warga lokal daerah Kep. Seribu yang bekerja sebagai nelayan karena mayoritas wilayah berupa perairan. Di Kepulauan Seribu dikelilingi oleh wilayah lautan kerap dijadikan warga lokal untuk mencari ikan.

Kebiasaan warga Pulau Seribu sebagai nelayan dapat dijumpai langsung ketika pengunjung melakukan perjalanan menuju destinasi wisata. Hampir semua orang asli Kep. Seribu punya mata pencaharian sebagai nelayan demi mencukupi kebutuhan.

Menjadi Tour Guide

Bukan hanya itu, kebiasaan warga Pulau Seribu sering dilakukan warga lokal Kepulauan Seribu adalah menjadi tour guide. Profesi ini cukup mudah ditemukan setiap kali pengunjung datang ke wisata Pulau Seribu.

Apalagi sekarang semakin banyak wisatawan datang berkunjung, otomatis bikin warga ingin menjadi tour guide. Keberadaan tour guide sangat penting di Kep. Seribu untuk memberikan petunjuk kepada setiap wisatawan selama berlibur.

Menyediakan Layanan Main Air

Berkunjung ke Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan kebiasaan warga Pulau Seribu yang menyediakan layanan main air. Mengingat sebagian besar wilayah Kep. Seribu berupa perairan, otomatis banyak wisata yang memanfaatkan laut.

Contohnya warga menjadi pendamping aktivitas seru seperti snorkeling untuk membantu wisatawan menikmati keindahan bawah laut. Di dalam laut terdapat pemandangan menarik seperti ikan-ikanan, terumbu karang, hingga beberapa hal menarik lainnya.

Memancing

Memancing merupakan kebiasaan warga Pulau Seribu selain menjadi nelayan dalam keseharian. Demi menyalurkan hobi, memancing dapat melatih kesabaran dan memperoleh banyak keuntungan selama sudah mendapatkan ikan sesuai incaran masing-masing.

Dengan memancing, warga lokal bisa merasakan kebahagiaan walaupun caranya sangat sederhana. Hal ini membuat para wisatawan sadar bahwa bahagia tidak bisa diukur dengan cara yang mahal ke depannya.

Menyaring Garam

Semakin ke sini, masyarakat lokal di Kepulauan Seribu mempunyai kebiasaan lain yaitu kerap menyaring garam. Karena wilayah perairan di Kep. Seribu masih alami dan tidak dirusak oleh manusia.

Proses menyaring garam masih menggunakan alat tradisional membuat kebiasaan warga Pulau Seribu unik untuk dipahami. Saat berlibur ke Kep. Seribu pastinya Anda bisa melihat langsung proses pembuatan garam dari nol.

Bisnis Kelinearan

Demi melayani para wisatawan yang masuk ke area Kepulauan Seribu, bertahun-tahun lamanya warga lokal menjalankan bisnis kuliner. Ada berbagai bisnis kuliner dapat dinikmati pengunjung ketika mendatangi Kep. Seribu.

Bisnis kuliner paling wajib dicoba adalah bakar-bakar makanan laut atau seafood yang segar hasil nelayan sekitar. Dengan bumbu yang memiliki citarasa khas, tentunya bikin para penikmat kuliner dimanjakan lidahnya.

Melihat berbagai aktivitas menarik dari warga sekitar Kep. Seribu, jangan sampai Anda melewatkannya. Adapun beberapa ilmu yang dapat diterima ketika mengunjungi Pulau Seribu mulai dari sekarang.

Wisatawan Kepulauan Seribu Dapatkan Ilmu

Berlibur ke area Pulau Seribu bisa membuat pikiran Anda lebih jernih dan terhindar dari beban pikiran berat. Melihat setiap orang pasti punya masalah masing-masing, tentunya kegiatan liburan sangat diperlukan.

Dalam mengetahui kebiasaan warga Pulau Seribu, selama berlibur wisatawan akan mendapatkan banyak ilmu. Beberapa ilmu yang diperoleh akan kami jelaskan lengkap melalui penjelasan lanjutan di bawah ini sampai selesai.

Setiap pengunjung secara tidak sadar akan memperoleh ilmu langsung disaat liburan sedang berlangsung. Mendatangi Kepulauan Seribu, Anda akan mendapatkan ilmu baru tentang kebudayaan dan aktivitas paling sering dilakukan warga lokal.

Ilmu yang diraih ini cukup mahal karena tidak semua tempat memiliki masyarakat yang berkegiatan hal tersebut. Alhasil para pengunjung langsung memperoleh ilmu baru tentang seluk beluk Kepulauan Seribu.

Sampai sekarang kebiasaan warga Pulau Seribu mampu mendorong kemajuan di sektor ekonomi bagi wilayah tersebut. Dukungan dari pengunjung yang datang setiap hari membuat Pulau Seribu semakin terkenal.

Tidak sedikit orang yang berdatangan ke Pulau Seribu hanya dalam waktu sehari tanpa menginap. Namun banyak pula wisatawan menginap di villa ataupun cottage sekitar pantai Kepulauan Seribu bersama orang terdekat.

Ingin mendatangi Pulau Seribu tapi bingung naik apa? Pastikan mulai sejak dini mengetahui saran akomodasi dari kami. Langsung saja simak cara menuju Pulau Seribu dengan mudah dan lancar.

Cara Menuju Kepulauan Seribu dari DKI Jakarta

Wilayah Kepulauan Seribu sangat dekat dengan ibukota Indonesia, yaitu DKI Jakarta. Keberadaan Pulau Seribu di utara Jakarta memungkinkan semua masyarakat bisa mengunjungi destinasi wisata favorit dengan mudah dan cepat.

Untuk mengetahui kebiasaan warga Pulau Seribu sehari-hari, tentunya Anda harus mendatangi secara langsung. Kedatangan di Pulau Seribu akan disambut meriah oleh warga sekitar dijamin memuaskan liburan yang tidak pernah terlupakan.

Adapun cara menuju ke Pulau Seribu yaitu dengan menaiki kapal dengan durasi perjalanan sekitar 45 menit. Anda dapat menggunakan kapal yang sudah tersedia di pelabuhan Ancol, DKI Jakarta.

Apabila ingin sampai lebih cepat di tujuan utama Kepulauan Seribu, terdapat speedboat yang memiliki kecepatan tinggi. Dengan memakai speedboat dari Jakarta menuju Kep. Seribu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Setelah sampai di Pulau Seribu, Anda dapat menikmati setiap destinasi wisata sesuai keinginan. Dibantu oleh warga sekitar yang bisa mengantarkan Anda ke tujuan lain selama masih di area Kep. Seribu.

Jangan khawatir, bagi Anda yang punya budget terbatas dijamin tetap bisa menikmati liburan ini. Kesempatan liburan dekat dengan Jakarta, tentunya wajib didatangi oleh masyarakat Indonesia untuk menikmati keindahan alam menarik.

Pemandangan alam memukau selalu terlihat dan memanjakan mata para pengunjung di Kepulauan Seribu. Datanglah dan lihat langsung kebiasaan warga Pulau Seribu beserta keindahan alamnya yang masih terjaga secara baik.